Puskesmas Alabio, melaksanakan kegiatan PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga). Kegiatan ini dilakukan dimana para petugas kesehatan dari berbagai latar pendidikan seperti perawat, bidan, gizi, kesling/sanitarian, kesehatan masyarakat. Datang ke semua rumah-rumah warga secara keseluruhan, tanpa kecuali.

Mereka para petugas kesehatan puskesmas alabio, dalam melakukan kunjungan rumah dalam rangka pembinaan keluarga sehat ini, dengan membawa paket keluarga sehat yang terdiri dari alat pengukur tekanan darah (Tensimeter), steteskop, PINKESGA (Paket Informasi Kesehatan Keluarga), manual prokesga, stiker rumah, dan alat tulis. Dengan membawa perbekalan tersebut, para petugas kesehatan bersilaturahim ke rumah-rumah warga untuk melakukan wawancara kesehatan.

Dalam kegiatan perbincangan dengan keluarga yang dikunjungi tersebut, apabila ada ditemukan permasalahan tentang kesehatan maka pihak keluarga bisa langsung berkonsultasi dengan petugas kesehatan yang datang berkunjung.

Petugas kesehatan juga akan melakukan intervensi awal (penyuluhan kesehatan sebagai bentuk promosi kesehatan) terhadap keluarga. Jika masalah kesehatan yang ditemukan memerlukan penanganan yang lebih lanjut, maka petugas sorveyor PIS-PK akan melaporkan dengan pengelola program terkait di puskesmas, yang selanjutnya akan dilakukan intervensi lanjutan.

Kegiatan PIS-PK ini disambut baik oleh masyarakat desa, pihak keluarga merasa senang ketika dikunjungi oleh petugas kesehatan di rumahnya. Selain mendapatkan pemeriksaan tekanan darah gratis, keluarga bisa berkonsultasi tentang masalah kesehatan yang sedang mereka hadapi.

(Petugas kesehatan sedang melakukan pemeriksaan tekanan darah di rumah warga yang mereka kunjungi)

(Petugas sorveyor PIS-PK puskesmas alabio sedang melakukan wawancara kesehatan di teras rumah warga desa yang mereka kunjungi).

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *