UPT. Puskesmas Rawat Inap Alabio adalah puskesmas dengan kategori pedesaan. Terletak di Desa Sungai Pandan Tengah Kecamatan Sungai Pandan Alabio. Puskesmas ini bukan hanya melayani pasien rawat jalan dengan berbagai poli kliniknya tapi juga dapat melayani pasien dengan kegawat daruratan, persalinan serta rawat inap.

UPT. Puskesmas Rawat Inap Alabio terdiri dari dua gedung yaitu gedung untuk rawat jalan poli klinik dan satunya lagi adalah gedung untuk pelayanan UGD (Unit Gawat Darurat), Poned (melayani persalinan dan masalah kebidanan), serta rawat inap.

Di puskesmas ini juga terdapat tempat panti pemulihan gizi yang digunakan untuk melanyani anak-anak dengan status gizi buruk. Puskesmas alabio ini merupakan puskesmas sebagai tempat IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor) untuk melayani pasien dengan kasus narkoba yang masuk dalam masa perawatan atau pengobatan.

UPT. Puskesmas Rawat Inap Alabio merupakan salah satu kebanggaan bagi masyarakat alabio dan sekitarnya, karena puskesmas terbesar yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Di Kecamatan Sungai Pandan ini terdapat BPKM (Badan Pemerhati Kesehatan Masyarakat) yang menjadi mitra puskesmas dalam pengembangan dan membantu dalam mengatasi permasalahan kesehatan berbasis masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *