Pusling (Puskesmas Keliling) adalah kegiatan kuratif yang dilakukan oleh petugas kesehatan puskesmas alabio, dengan pergi ke beberapa desa-desa di Kecamatan Sungai Pandan. Dengan bekerja sama dengan aparat desa dan kader kesehatan, mereka menyiapkan tempat dan menghimbau kepada para warga agar datang ketempat yang telah ditentukan. Sehingga para warga desa bisa dengan mudah memeriksakan kesehatannya dan mendapatkan pengobatan dari tenaga kesehatan puskesmas yang datang ke desa.

Kegiatan pusling ini juga kadang diisi dengan melakukan penyuluhan kesehatan oleh petugas yang melakukan promkes (promosi kesehatan), sehingga masyarakat desa bisa mengetahui tentang penyakit, PHBS dan informasi kesehatan lainnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pelayanan kesehatan berbasis masyarakat, mempermudah mendapatkan aksis pelayanan, dan mengendalikan berbagai penyakit di desa.

Kegiatan imunisasi, posyandu dan skrening kesehatan PTM (Penyakit Tidak Menular) kadang juga bisa dilaksanakan secara bersamaan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *