Inovasi “AMANAH” (Alabio Mari Makan Buah) dilakukan untuk menggerakkan masyarakat agar melakukan kegiatan “Germas” (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang bermanfaat bagi kesehatan di Kecamatan Sungai Pandan yang masih rendah.

Kegiatan ini ditujukan kepada semua lapisan masyarakat. Bahkan melalui posyandu balita dengan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang diantaranya terdapat buah-buahan, agar meningkatkan minat masyarakat untuk membawa anaknya ke posyandu dan memperkenalkan buah-buahan sedini mungkin kepada anak-anak.

Dengan diadakannya PMT di setiap posyandu selain meningkatkan minat kunjungan, juga berfungsi untuk memberikan contoh dan pembetukan perilaku sehat yaitu senang mengkonsumsi buah dalam kehidupan keseharian. Sedangkan sumber pendanaan berasal dari anggaran desa dan dikelula oleh kader kesehatan desa itu sendiri, yang merupakan wujud dari pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan.

Dengan demikian permasalahan pemantauan pertumbuhan bayi balita, imunisasi dan edukasi tentang KIA (Kesehatan Ibu & Anak), ASI eksklusif bisa terpenuhi disaat para orang tua datang berkunjung ke posyandu.

Selain itu kegiatan “AMANAH” ini juga dilakukan dalam setiap acara kegiatan pertemuan/rapat baik di tingkat kecamatan maupun di desa dengan menyajikan buah dari sebagian konsumsi pertemuan yang disajikan.

“Buah yang dikemas sedemikian rupa sehingga lebih mudah dalam penyajian acara pertemuan/rapat”

“Acara kegiatan dengan menyajikan buah-buahan dalam menu konsumsi peserta”

“Acara kegiatan di lapangan pahlawan Amuntai, dengan menyajikan buah dan sayur untuk menumbuhkan perilaku makan buah dan sayur bagi manyarakat”

“Sosialisasi germas di aula puskesmas alabio”

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *