Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) provinsi Kalimantan Selatan, melakukan kunjungan observasi sekaligus pembinaan dalam pelayanan puskesmas ramah anak ke UPT. Puskesmas Rawat Inap Alabio Rabu, 7 Nopember 2018. Dengan didampingi oleh DPPPA Kabupaten Hulu Sungai Utara rombongan provinsi meninjau tentang pelaksanaan pelayanan dan sarana prasarana yang terdapat di puskesmas dalam rangka ramah anak.

Foto bersama di depan ruang TFC (tempat pemulihan anak dengan gizi buruk).

Anak adalah seseorang yang berusia di bawah 18 tahun, termasuk anak di dalam kandungan.

Pelayanan ramah anak di Puskesmas (PRAP) adalah upaya atau pelayanan di puskesmas yang dilakukan berdasarkan pemenuhan, perlindungan dan penghargaan atas hak-hak anak sesuai 4 (empat) prinsip perlindungan anak, yaitu non diskriminasi, kepentingan terbaik anak, hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan, serta penghargaan terhadap pendapat anak.

Di puskesmas alabio, pada bagian tengah gedung rawat jalan terdapat ruang terbuka yang cukup luas yaitu “Taman Barmain Anak” yang bisa digunakan oleh keluarga atau pasien anak selama berobat ke puskesmas. Disamping taman bermain terdapat beberapa bangku untuk menunggu yang nyaman dan berjarak aman dengan ruang tunggu pasien.

Tak jauh dari taman bermain ini, terdapat poli KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), poli MTBS, ruang konsuling, poli gigi dan poli gizi yang juga menyediakan pojok laktasi / menyusui bagi ibu-ibu yang mambawa anak bayi/balitanya. Dan unit pelayanan kesehatan lainnya.

Puskesmas alabio juga menyediakan korsi roda dan petugas yang siap membantu untuk pasien anak dengan disabilitas. Bukan hanya itu, dalam hal kegiatan pemberdayaan masyarakat ada program UKS (Upaya Kesehatan Sekolah), posyandu balita, kesehatan remaja melalui program PKPR, penyuluhan kesehatan untuk anak sekolah, kesehatan gigi dan mulut anak sekolah serta ibu hamil, kegiatan program KIA di desa dengan melibatkan kader kesehatan, DDTK (Detiksi Dini Tumbuh Kembang) anak dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kesehatan anak-anak.

Detiksi Dini Tumbuh Kembang Anak (DDTK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *