Prof.Dr.Husaini Mahdin Anwar adalah salah satu pakar atau tokoh gizi Indonesia yang telah banyak menyumbangkan pemikirannya untuk dunia kesehatan khususnya perkembangan kesehatan gizi di Indonesia.

Beliau bersama istrinya Prof.Dr.Yayah Husaini, adalah penggagas berdirinya “Taman Gizi” yang awalnya sebagai wadah penelitian gizi mereka, yang kemudian oleh pemerintah Indonesia diterapkan secara nasional di seluruh tempat di Indonesia yang kita kenal dengan “Posyandu” sampai sekarang.

Prof.Dr.Husaini telah melakukan 100 lebih penelitian baik di Indonesia maupun di luar negeri yang telah dipublikasikan/ dipresentasikan di berbagai jurnal internasional dan nasional, 150 artikel ilmiah populer telah diterbitkan di berbagai media massa. Sehingga dikenal sebagai peneliti paling produktif yang membawa nama harum Indonesia di dunia internasional. Wajar jika beliau dianugerahi penghargaan “Kalyanakretya Award” (penghargaan atas kontribusi sangat nyata atas perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesehatan, kesejahteraan, dan sumber daya manusia) dari Menristek yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia pada Ulang Tahun Kemerdekaan ke-55. Penganugerahan award pada Tanggal 10 Agustus 2000 dalam menghadapi era baru abad ke-21.

Pak Husaini panggilan akrabnya tokoh gizi kelahiran Alabio ini. Apabila pulang kampung ke desa Pandulangan Kec.Sungai Pandan Alabio, sering mampir ke puskesmas alabio untuk bersilaturahim, dan beramahtamah dengan para petugas gizi puskesmas.

Dr.Husaini bersama para petugas gizi Puskesmas Alabio

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *