Puskesmas Alabio, melakukan pelepasan Tim sorveyor PIS-PK Si Mapan (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga Berbasis Aksi Masyarakat Peduli Kesehatan).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kabid Pelayanan Kesehatan dan SDK Dinas Kesehatan Kab.Hulu Sungai Utara, sebagai narasumber dan pencetus kegiatan inovasi ini.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan mendukung program nasional PIS-PK yang selama ini ada.

Dalam kegiatan ini dilakukan sosialisasi tentang maksud dan tujuan diluncurkannya PIS-PK Si Mapan oleh H.Danu F.Fotohena,SKM dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis atribut sorveyor, dan tas keperluan logistik untuk petugas kesehatan dalam melakukan kunjungan rumah, serta wokhsop tentang teknis pengisian manual prokesga (profil kesehatan keluarga).

Peserta yang hadir adalah para bidan desa, perawat PTT desa, tenaga kesehatan masyarakat desa, promotor promkes, para pengelola program UKM puskesmas, kesling, dan ahli gizi.

Untuk wilayah Kecamatan Sungai Pandan, dari 12 indikator keluarga sehat yang ditetapkan secara nasional, puskesmas alabio menambah 1 indikator berdasarkan keariban lokal yaitu “Barasabadangsanak” (Bank darah desa berbasis data golongan darah penduduk), dengan cara menanyakan apakah anggota keluarga sudah mengetahui golongan darahnya, dan apa jenisnya, sehingga desa mempunyai buku register data golongan darah penduduk yang akhirnya mempermudah akses untuk melakukan bantuan dalam hal donor darah di masyarakat, seperti pada ibu hamil persalinan yg mengalami perdarahan, serta kegawat daruratan lainnya yang secepatnya memerlukan transfusi darah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *